Sabtu, 24 Desember 2016

hardware dan software



Komputer merupakan sistem elektronik yg fungsinya memanipulasi data yang cepat dan tepat serta akurat yg telah di rancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima atau menyimpan data input dan masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yg tersimpan di memori (stored program).
Hardware (perangkat keras ) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Macam-macam  Hardware(perangkat keras)
1.     CPU (Central Processing Unit)
CPU adalah pusat pengendali dan pemerosesan pada sebuah komputer yang mengatur semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan dalam komputer, sehingga CPU biasa disebut sebagai otak dari komputer.

Fungsi :
1.     Memberi address (alamat) data dan program
2.     Memasukkan dan mengambil data
3.     Melaksanakan instruksi-instruksi secara berurutan
4.     Menghubungkan antara main storage (penyimpanan data utama) dan input (output) devices.
5.     Mengontrol kerja sistem.

2.     Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.


3.     Mouse
Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

Fungsi :
1.     Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
2.     Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
3.     Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
4.     Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
5.     Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
6.     Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
7.     Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
8.     Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
9.     Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses dan masih banyak lagi.

4.     Printer
Printer adalah perangkat keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.


Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisny

5.     Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.

 

Flashdisk ini berfungsi untuk menyimpan beberapa data dan dapat juga memindahkan data ke tempat lainnya.
.

Software(perangkat lunak) adalah sekumpulan data elektronik yg disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yg disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah.
Ada beberapa fungsi dari perangkat lunak (software) diantaranya:
Fungsi perangkat lunak (software) adalah memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan sebuah perintah perintah.
Berfungsi sebagai sarana interaksi yg menghubungkan atau menjembatani pengguna komputer (user) dengan perangkat keras.
Macam-macam Software (perangkat lunak), yaitu :
·        Microsoft Word
Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen dan lan-lain.
Kegunaan dan fungsi Microsoft Word diantaranya yaitu :
1.     Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
2.     Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print).
3.     Untuk membuat surat-menyurat  dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
4.     Untuk membuat variasi bentuk tulisan agar lebih menarik.
5.     Untuk membuat keperluan tipografi penulisan.
6.     Untuk menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil.
7.     Manfaat Microsoft Word
8.     Manfaat menggunakan Microsoft Word diantaranya :
9.     Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
10.                        Menghemat waktu dan tenaga.
11.                        Menghemat kertas dan biaya.
12.                        Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.
13.                        Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.

Keunggulan atau kelebihan Microsoft Word yaitu :
1.     Dapat menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan saja.
2.     Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.
3.     Ukuran dokumen bila tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan.
4.     Tersedia banyak template yang bebas digunakan.
5.     Terkoneksi dengan SkyDrive.
6.     Adanya variasi gaya tulisan yang sangat menarik.
7.     Tersedia tampilan reading view dan print view.
8.     Terdapat fitur untuk memasukkan gambar dan clipart.
9.     Tersedia pengaturan tulisan tentang jarak, ukuran, warna, dan sebagainya.
10.                        Adanya fitur find dan replace untuk memudahkan mencari kata.
11.                        Tersedia fitur bullet dan numbering yang mempermudah membuat poin penting dokumen. 
12.                        Fitur-fitur lainnya juga sangat memungkinkan untuk mempermudah penyelesaian kerja.

·        Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah nama dari proprietary komersial program presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft . Secara resmi diluncurkan pada 22 Mei 1990 sebagai bagian dari Microsoft Office suite, dan berjalan pada Microsoft Windows dan Apple ’s Mac OS Xsistem operasi.
Fungsi :   
ü Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide
ü Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga   presentasi menjadi lebih menarik dan hidup.
ü Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide
ü Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer


·        Corel Draw 
Corel Draw (gaya CorelDRAW) adalah editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa , Kanada . Itu juga merupakan nama Corel Graphics Suite, yang bundel CorelDraw dengan editor gambar bitmap, Corel PhotoPaint , dan program grafis lainnya yang berhubungan (lihat di bawah). Versi terbaru ditunjuk X6 (setara dengan versi 16), dan dirilis pada Maret 2012.
Kegunaan :
1.     Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
2.     Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan Corel Draw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
3.     Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
4.     Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

·        Microsoft Acces
Microsoft Access adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.Aplikasi ini menggunakan mesin basis dataMicrosoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
Fungsi Microsoft Access :
a)     untuk membuat database (basis data)
b)     untuk membuat program aplikasi persediaan barang
c)      untuk membuat program aplikasi gaji pegawai
d)     untuk membuat program aplikasi kehadiran


·        Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan perkiraan harga barang
Microsoft Excel  memiliki banyak fungsi antara lain :
1. Membuat sebuah laporan keuangan
2. Membuat Daftar Nilai
3. Membuat daftar hadir
4. Melakukan operasi kali,bagi, rerataan dengan cepat
5. Menghitung Kurs Mata Uang
6. Membuat Grafik dan Tabel dari suatu penghitungan
7.Membuat diagram batang,diagram garis dan diagram lingkaran
8. Membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika
9. Membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah
10.Menyajikan data secara tepat,rapi dan akurat






RANGKUMAN MICROSOFT WORD
A.    Microsoft word adalah salah satu dari beberapa program aplikasi pengolahan kata yang terdapat dalam paket program aplikasi mikrosoft office, yang sejak mulai di kembangkan sejak tahun 1983 sampai pertengahan tahun 2001. Microsoft word dikembang oleh perusahaan pembuat perangkat lunak ternama di dunia yaitu Corporation. Dari generasi pertama Microsoft word sampai generasi terkini program ini selalu menjadi idola.

B.    Cara membuka Microsoft word klik tombol start yang ada di taskbar pilih menu program, arahkan pada Microsoft office dan klik Microsoft word 2007 dan akan tampil lembaran kerja dar Microsoft word 2007 yang masih kosong dan lembar kerja tersebut bernama dokumen 1.
Berikut tampilan dalam Microsoft word 2007 : Icon RulerLineTitle Bar Menu Bar Kursor/titik sisip Horizontal Ruler Vertikal Line Tool Title bar adalah nama lembar kerja yang sedang digunakan Menu bar terdiri Menu bar terdiri dari beberapa bagian menu yang merupakan kelompok dari perintah word yang terdiri dari Home, Insert, page loyout, References, Mailings, Review, View. RulerLine adalah baris yang mengatur penghentian tabulasi dan batas pengetikan dilayar serta pengaturan paragraph.  Titik/sisip kursor merupakan titik dimana kita akan mulai mengetik teks, titik ni berbentuk animasi yang berkedip – kedip. Zoom untuk memperbesar layar kertas. Scrool bar merupakan untuk menggulung layar keatas dan kebawah.

C.   Bagian _ bagian Tab
Home pada menu home juga terdapat beberapa bagian :
1.    Clipboart paste > berfungsi untuk memindahkan fungsi sell.
Cut > berfungsi untuk memotong isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell.
Copy > berfungsi untuk menyalin isi sell dan memindahkannya ke suatu tempat atau sell.
2.    Front Format Painter Front Front Size Increase Front Size Decrease Front Size, berfungsi untuk mengubah jenis huruf, berfungsi untuk merubah ukuran huruf, berfungsi untuk meningkatkan ukuran huruf, berfungsi untuk mengurangi ukuran huruf. Bold berfungsi untuk menebalkan huruf. Italic Underline Border Fill Color Front Color, berfungsi untuk memiringkan huruf, berfungsi untuk menggaris bawahi huruf, berfungsi untuk membuat garis pinggir atau table, berfungsi untuk member warna sell, berfungsi untuk memberi warna huruf.
3.    Paragrafh Bullets Simbol, Numbering Angka, Align Text Left, berfungsi untuk mengatur format penomoran , berfungsi teks agar rata ke kiri. Center baris, berfungsi mengatur teks agar berada di tengah-tangah.  Aligh Text Right berfungsi mengatur teks agar rata ke kanan. Justify kanan berfungsi untuk mengatur perataan teks rata kiri.

D.   Mengetik pada word 2007 pada saat membuka word 2007, maka dilayar akan terlihat dokumen baru yang masih kosong diberi nama dengan document 1 yang siap digunakan untuk mengetik naskah. Pada document tersebut akan tampak titik sisip / kursor sebagai tempat untuk mengetik naskah. Apabila naskah yang telah diketik telah mencapai akhir baris, maka akan secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya., dan hendak menurunkan kursor kebaris untuk membuat paragraph baru maka cukup menggunakan enter.

E.    Menyimpan document word 2007 cara untuk menyimpan document, untuk pertama kalinya baik document tersebut disimpan didalam hardisk, floopy disk atau pun flash disk yaitu : klik menu file > klik save/seve as alternative lan dalam menyimpan adalah dengan menekan Ctrl + s pada keyboard atau meng klik icon pada toolbar. Tentukan folder tempat menyimpan file (sesuai dengan yang kita inginkan ) kemudian ketik nama.

F.    Membuka dokumen yang pernah disimpan dapat di buka atau daktifkan kembali di layar dengan cara : klik menu file > open . tentukan folder/sub directori tempat file yang akan di buka pilih nama file yang akan di buka kemudian enter atau klik2x pada nama file tersebut.

G.   Mangakhiri word 2007 , setelah selesai kerja dengan word 2007, akhiri program dengan menggunakanlangkah-langkah sebagai berikut :
1.    Simpan terlebih dahulu document tersebut.
2.    Setelah menyimpan pilih menu file, klik tombol exit maka kita akan keluar dari program Microsoft word 2007. Apabila yang dibuat belum tersimpan, maka di layar akan tampil kotak dialog konfirmasi menyimpan file. Klik tombol yes untuk menyimpan file tersebut.

Menu dan icon pokok Microsoft word XP
a.    Menu file yaitu menu yang berhubungan dengan perasi terhadap file document.
b.    Menu edit adalah menu yang berhubungan dengan penyuntingan terhadap fle document.
c.    Menu view submenu fungsi undo repeat cut copy paste paste special paste as hyperlink clear select all find replace go to links object membatalkan perintah terakhiryang dilakukan. Mengulangi perintah terakhir. Memotong sebagian/seluruh data pada lembar document. Menyisipkan atau meletakan hasil cut atau copy. Fasilitas pendukung perintah cut atau copy dengan format khusus. Mendukung perintah cut dan copy terhadap hyperlink. Menghapus data yang sebelumnya memblok data yang akan dihapus. Memilih atau memblok seluruh data pada satu lembar document untuk dilakukan suatu perintah. Menggantikan data pada lembar kerja dengan data baru. Memindahkan letak data aktif ke tempat lain. Menamplkan/mengubah setiap link yang ada di file aktif. Mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link. Sub menu fungsi new open close save save as save as webpage search webpage preview page setup print preview print sent to properties exit membuat dokumen baru. Membuka file dar media penyimpanan. Menutup jendela dokumen aktif. Menyimpan dokumen yang masih aktif. Menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama. Menyimpan dokumen dengan format halamanweb. Mencari bagian dari teks atau dokumen. Menampilkan dokumen dalam halaman web. Mengatur halaman dokumen yang akan dicetak. Melihat contoh hasil cetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer. Mencetak dokumen mengirim dokumen. Keluar dari Microsoft word dengan sebelumnya menutup seluruh dokumen. menu view adalah menu yang berhubungan dengan tampilan dari dokumen,
d.    Menu insert adalah menu yang berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen.
e.    Menu format adalah menu yang berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen, dengan submenu sebagai berikut : submenu fungsi break page numbers date and time auto teks symbol comment references picture diagram text box file object hyperlink membuat potongan halaman yang diteruskan pada halaman selanjutnya. Member format nomor halaman pada tiap lembar document.memberi tanggal dan waktu pada dokumen aktif. Menyisipkan teks otomatis. Menyisipkan symbol yang di inginkan. Manyisipkan komentar pada dokumen. Menyisipkan referensi pada dokumen. Menyisipkan gambar. Menyisipkan diagram. Menyisipkan kata/kalimat pada suatu kotak. Menyisipkan file lain kedalam dokumen aktif. Menyisipkan objek. Menyisipkan teks dan hyperlink pada lembar dokumen yang tersimpan. Submenu fungsi normal web layout print layout outline task pane toolsbar ruler header and footer footnotes ful sceen zoom menampilkan lembar dokumen dalam format print. Menampilkan lembar dokumen dalam outine view. Menampilkan jendela tugas Microsoft word. Menampilkan menu-menu yang di kehendak pada toolsbar. menampilkan ukuran pada sisi-sisi lembar dokumen. Membuat veader dan footer sebagain efek cetakan. Menampilkan seluruh catatan dalam lembar dokumen. Menampilkan lembar document dalam satu tayangan penuh. Mengubah tampilan lebar dokumen menjadi lebih besar/kecil. Sub menu fungsi font paragraph bullets & numbering borders and shading  mengatur huruf mengatur paragraph mengatur format penomoran dengan angka/symbol. Mengatrur tampilan bingkai dan bayangan.colomns tabs drop cap text direction change case background theme auto format styles & formatting member format kolom pada teks. Mengatur jarak kata. Membuat huruf/kata pertama pada awal paragraph. Mengatur posisi teks . mngatur tampilan huruf. Mengatur warna dan model latar belakang lembar dokumen. Mengatur tema latar belakang dokumen menggunakan fasilitas format yang di sediakan untuk membuat table.

Nama               :   Euniqe Salassa
Kelas                 :  PGSD J

Tugas Individu  :  Macam-Macam Software/Hardware beserta Fungsi dan Rangkuman Microsoft Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar